Friday, December 8, 2017

Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java

Oke artikel tentang belajar java kali ini ,saya buat khusus untuk kalian yang ingin membuat dan mengembangkan Aplikasi Android. Namun masih terkendala dalam logika pemrograman Java. Karena Android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, intinya kita harus mengenali dan memahami dulu ,syntax(tata bahasa) dalam pemrograman Java. Belajar syntax bahasa java sama halnya ,saat kita ingin belajar grammar di bahasa inggris untuk berbicara. Seperti saat kita ingin ke luar negeri  ,minimal kita harus punya kemampuan bahasa inggris yang cukup ,untuk memahami budaya dan orang-orang sekitar. Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan belajar memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut :


Belajar Coding Java Dasar, Belajar Program Java Pemula Belajar Dasar Dasar Konsep OOP Java, Belajar Pertama Kali Coding Java Sekilas Tentang Java ,Sejarah Versi Java,Keunggulan dan Kelebihan Java,Contoh Struktur Code Java



A). Sekilas tentang Java


Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) , artinya bahasa ini mudah dipahami oleh manusia pada umumnya , karena menggunakan bahasa sehari-hari manusia. Java dulu dibuat oleh perusahaan Sun Microsystems  , oleh James Ghosling ,Patrick Naughton, dan Mike Sheridan  pada tahun 1991, dan memerlukan kurang lebih 18 bulan ,untuk mengembangkan versi pertama dari Java yang dulu bernama Oak, yang dimana sekarang Java diakuisisi oleh perusahaan Oracle.

Sejarah Versi Java :

  1. JDK Alpha and Beta (1995)
  2. JDK 1.0 (23rd Jan, 1996)
  3. JDK 1.1 (19th Feb, 1997)
  4. J2SE 1.2 (8th Dec, 1998)
  5. J2SE 1.3 (8th May, 2000)
  6. J2SE 1.4 (6th Feb, 2002)
  7. J2SE 5.0 (30th Sep, 2004)
  8. Java SE 6 (11th Dec, 2006)
  9. Java SE 7 (28th July, 2011)
  10. Java SE 8 (18th March, 2014)

    james ghosling ialah salah satu pendiri java
    James Ghosling (Java)

    Bahasa java mirip dengan bahasa C++ ,  namun dikembangkan agar mudah dipahami dan dipakai. Java menggunakan konsep OOP (Object Oriented Programming) ,artinya semua inti program dari Java yaitu mengacu ke sebuah Obyek. Java termasuk platform independent , yang artinya kalian bisa menjalankan dengan berbagai Macam OS(Sistem Operasi ) dan arsitektur komputer. Seperti pada perangkat Android dari Google ,dan Beberapa Aplikasi Desktop ,seperti program AntiVirus , program media player, Aplikasi Enterprise dll.

    Java digunakan untuk :

    1. Pengembangan Aplikasi Desktop (Komputer)

    2. Web Aplikasi

    3. Aplikasi Perusahaan

    4. Aplikasi Mobile (Android)

    5. System Tertanam

    6. Robot ,Game dan sebagainya.

    B). Keunggulan atau Kelebihan Java

    • Mudah dipelajari

    Java memiliki salah satu keunggulan , yaitu mudah dipelajari oleh semua orang , karena syntax (tata bahasa ) yang mirip dengan bahasa manusia. Dengan banyaknya artikel atau tutorial yang membahas bahasa pemrograman Java di  Internet. Semakin memudahkan kita untuk pemula , untuk mempelajari semua hal yang ada di bahasa pemrograman Java.

    • Merupakan bahasa OOP

    Salah satu alasan ,yang membuat Java begitu populer karena mempunyai konsep bahasa (OOP) Object Oriented Programming. Oleh karena itu , untuk mengembangkanya jauh lebih mudah , serta menjaga system tetap modular, flexible and extensible.

    • Banyaknya API
    Java memiliki banyaknya  API (Application programming interface ) , yang siap dikembangkan untuk keperluan para programer Java.

    •  Robust
    Java juga memiliki kemampuan ,untuk menangani kesalahan pada coding ,khususnya pada erorr checking atau erorr runtime. Seperti pada Exception Handling. Java juga mempunyai fitur memori managemen yang handal, seperti Garbage Collector.

    • Multi-threaded
    Selain itu juga , kemampuan untuk menangani banyak respon ,dalam waktu yang bersamaan ,merupakan salah satu keunggulan yang di miliki bahasa pemrograman Java.

    • Platform Independent
    Bahasa pemrograman Java juga dapat dikembangkan , dan bekerja di berbagai macam platform ,seperti Desktop ,Web ,dan Mobile Application.

    C).  Konsep OOP :


    Konsep di OOP (Object Oriented Programming) , memiliki beberapa Konsep salah satunya:

    • Class merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk tempat menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek. Penamaan nama class diprogram ,harus sama dengan nama di struktur file  extention .java. jadi jangan salah. Contoh yang bisa kita ambil dari kehidupan nyata dari Class adalah: class binatang ,class mobil ,class buah dll.

    • Object merupakan sebuah representasi dan instance dari Class. Object adalah sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class. Object di definisikan sebagai state ,dan behaviour dari Class. Contoh yang bisa kita ambil , dari kehidupan nyata dari object, dari class binatang ,kita bisa mengambil obyek , yaitu ,kucing,ayam,anjing dll.

    Contoh Class dan Object pada Manusia Java
    Contoh Class dan Object Manusia
    • Atribute merupakan sebuah unsur data yang ada di class, Atribut biasanya terdiri dari sebuah data,variabel,propertie dan field.  Atribut bisa juga disebut state dari objek tersebut. Misal Manusia Mempunyai atribut atau state : Nama ,Tinggi,Berat,Umur dan Jenis Kelamin.
    •  Method merupakan sebuah perilaku (behavior) dari sebuah class. Method bisa disebut juga perilaku dari objek tersebut : Misal Manusia mempunyai method : Berjalan ,Berlari ,Loncat,Berbicara ,dan Tidur.

    • Method terbagi menjadi dua jenis ,method void dan methon non void. Method void artinya method yang tidak mengembalikan nilai. Method non void sebaliknya method yang mengembalikan nilai. Contoh method void seperti : public static void main(String[] args). Selengkapnya tentang Method.

      
     Jadi maksud dari Java berorientasi pada objek itu , semua status dan method mengacu pada obyek ,yang dimana itu adalah wujud real atau nyata dari sebuah Class ,yang ada pada bahasa pemrograman Java.


    Contoh Atribute dan Behavior Java
    Atribute dan Behavior
    • Encapsulation (Enkapsulasi) adalah suatu mekanisme membungkus suatu data (variabel) , agar tidak dapat di akses oleh class lain, dengan menggunakan modifier private atau protected (untuk Class Turunan).Di dalam konsep ini beberapa variabel akan disembunyikan oleh class lain ,dan hanya bisa di akses di main class ,dengan menggunakan method modifier public.
    • Inheritance (Pewarisan) adalah suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat  mewarisi sifat atau ciri-ciri,  seperti atribut dan method, ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.
    • Polymorphism (Banyak bentuk )adalah suatu kemampuan yang dimiliki sebuah method ,yang memiliki nama sama ,namun dengan perilaku yang berbeda-beda. Kemampuan objek agar melakukan perilaku atau tindakan  yang secara konsep sama namun dengan cara yang berbeda-beda.
    • Abstraksi (Pemisahan) adalah proses menyembunyikan detail implementasi , dan hanya menampilkan  fungsionalitas kepada pengguna. Jadi user atau pengguna tidak tahu-menahu proses pembuatanya , hanya secara fungsional kita dapat menggunakanya. Sebagai contoh kasus , saat kita mengetik text ,lalu mengirim SMS. Kalian  tidak tahu detail , proses pengiriminya, yang kita tahu SMS ,tiba-tiba sudah terkirim atau tidak.


    D)Modifier 

    Modifier merupakan sebuah ijin hak akses untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class. Terdapat empat 4 jenis Modifier yaitu public ,private,protected ,no modifier. Contohnya nya kalian bisa melihat gambar berikut:

    Modifier Akses Java
    Modifier Akses Java
    • Public dapat di akses dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
    • Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain.
    • Private hanya dapat di akses oleh class yang sama.
    • No Modifiers dapat diakses dari class dan package yang sama.
    E). Mulai Coding


    1. Untuk melakukan coding dan membuat program , dengan bahasa pemrograman Java. Pertama-tama kita harus menginstall dan setting path Java terlebih dahulu.

    2. Selanjutnya kita bisa memilih Tool IDE yang bisa kita gunakan seperti Eclipse IDE ,Netbeans IDE ,dan  IntelliJ IDEA  (pilih salah satu). Lalu kalian install di Komputer atau Laptop kalian.

    3. Disini saya lebih prefer memilih IntelliJ IDEA  , untuk coding bahasa pemrograman JavaKalian bisa membuat project baru , di salah satu IDE yang kalian gunakan ,setelah itu kalian bisa perhatikan contoh code ,beserta penjelasanya dibawah:

    Contoh Struktur Code Java :

    Orang.java
    Contoh Penjelasan Baris Coding Code Program Java  Contoh Struktur Code Java
    Contoh Struktur Code Java

    //klik gambar untuk zoom

    Penjelasan :


    • package Data = nama package untuk mengelompokan class file java
    • public = salah satu tipe modifier ,  untuk akses ke semua class dan package
    • Orang = nama class yang menggunakan keyword class.
    • {}   = merupakan ruang lingkup atau jangkauan dari suatu class.
    • String = tipe data non primitif ,yang mendefinisikan nilai dari kumpulan karakter.
    • nama = variable yang bernama nama , yang menyimpan nilai dari tipe data String.
    • "Fathurrahman" = nilai yang di definisikan
    •   ; = tanda titik koma ,digunakan untuk mengakhiri suatu statement. Setiap akhir baris code java , harus di akhiri dengan titik koma ,agar tidak terjadi error saat compile.
    •  System.out.println("Nama Saya : "+nama); = salah satu statement , untuk menampilkan output text ,ditambah nilai yang diisi oleh variable nama.
    •  public void tampilNama(){} = mendefinisikan method tampilNama ,yang berisi statement untuk menampilkan output di dalamnya.



    Syntax Membuat Obyek baru Java
    Syntax Membuat Obyek baru Java


    Contoh Konsep dari Variable Referensi pada Objek Java
    Contoh Konsep dari Variable Referensi pada Objek
    Keterangan :
    • Tempat Remote TV sebagai Variable Referensi
    • Remote TV sebagai Referensi
    • TV sebagai Objek

    Setiap kita membuat objek baru , menggunakan operator atau keyword new. Kita mengalokasikan ke ruang memori pada objek , lalu menggunakan konstruktor , untuk menginisialisasi ruang tersebut.

    Lokasi atau alamat ,dari ruang ini kita tugaskan ke variable referensi. Karena itu variable referensi ,bisa disebut juga sebuah pointer atau penunjuk ke beberapa objek.

    Seakan-akan , variable seperti sebuah tempat duduk untuk remote tv ,yang dapat digunakan untuk mengendalikan sebuah objek yang baru dibuat. Jadi objek tersebut mempunyai cara untuk menunjuk objek ,lalu memintanya untuk melakukan sesuatu atau memberi kita akses ke datanya.


    Main.java
    Contoh Penjelasan Baris Coding Code Program Java Contoh Struktur Code Java
    Contoh Struktur Code Java

    //klik gambar untuk zoom


    Penjelasan :


    • package Java =  nama package untuk mengelompokan class file java
    • import Data.Orang = mengimport class yang bernama Orang ,dari package Data
    • public class Main{} = nama class Main ,beserta jangkauan atau ruang lingkupnya
    •  public static void main(String[] args) = method yang secara default ,untuk mengeksekusi program java ,yang terdapat dalam ruang lingkup atau jangkauanya  ( dalam block code {}).
    • Orang orang = new Orang(); = menginstansiasi objek orang ,dari class Orang ,dengan keyword new , dengan constructor Orang().
    •  orang.tampilNama(); = memanggil method tampilNama , untuk menampilkan output text.
    • //Belajar java di okedroid.com = salah satu komentar di dalam baris code ,yang akan di abaikan saat eksekusi atau menjalankan program Java. Kalian bisa menggunakanya untuk catatan atau dokumentasi pada setiap baris code.
    4 . Jalankan Program

    Output:
    Salah satu contoh Output ,saat program di eksekusi Java
    Salah satu contoh Output ,setelah program di eksekusi

    Alur Eksekusi Program Java:

    Alur Eksekusi Program Java
    Alur Eksekusi Program Java

    F).  Keterangan Lainya 
    Komentar :
    Kita bisa memberikan komentar ,di antara baris code yang kita tulis ,  dengan tanda // dan /* */. Sebuah komentar di dalam baris code ,ditujukan untuk memberi keterangan terkait fungsi atau kegunaan baris code tersebut. 


    Dasar Syntax Java:

    Dasar dari penulisan syntax dalam bahasa pemrograman Java ,yang perlu kalian ketahui salah satunya adalah :
    • Bersifat Case Sensitivity : artinya penamaan dari kata "HelloWorld" dengan "helloworld" sangat berbeda.
    • Nama Class :  untuk nama class huruf pertama harus  menggunakan huruf besar. (contoh :  class NamaClass )
    • Nama Method : untuk nama method huruf pertama harus menggunakan huruf kecil. ( contoh : public void namaMethodSaya()  )
    • Nama Program :  nama program java harus sama dengan nama class. Jadi jika kalian mempunyai nama class NamaClass , program file harus sama dengan nama class yaitu NamaClass.java.

    Point Penting :
    1. Pada dasarnya sebuah objek mempunyai state atau behavior.
    2. State  atau atribut pada sebuah objek ,akan disimpan ke dalam  sebuah variable.
    3. Behavior pada sebuah objek,akan di didefinisikan ke dalam sebuah method.
    4. Menyembunyikan data internal dari luar class, lalu di akses hanya dengan method modifier public ,disebut juga dengan data enkapsulasi.
    5. Sebuah blueprint dari sebuah objek , disebut dengan Class.
    6. Sebuah Method yang di definisikan di SuperClass , lalu akan diturunkan atau di wariskan ke subclass , dilakukan dengan cara menggunakan keyword extends.
    7. Sebuah perkumpulan method tanpa implementasi disebut dengan interface.
    8. Sebuah namespace yang mengatur class-class dan interface disebut sebagai package.

    No comments:

    Post a Comment